Senin, 25 Desember 2017

LANSIA MINGGIRSARI JUGA HARUS SEHAT DAN BAHAGIA



D
esa Minggirsari adalah desa yang ramah bagi semua jenis usia. Dari balita, anak, remaja, dewasa dan juga para lansia. Lansia sendiri merupakan salah satu golongan usia yang rentang umurnya diatas 60 tahun. 
Jumlah penduduk lansia di Desa Minggirsari tentu tidak lebih banyak dari usia dibawahnya. Namun kesehatan mereka juga harus terus diperhatikan. Salah satu program yang di buat oleh pemerintah desa adalah posyandu lansia. Mirip dengan posyandu balita, kegiatan yang dilakukan di posyandu lansia juga seputar kesehatan peserta yang mengikuti posyandu.
Posyandu lansia desa minggirsari di akhir tahun 2017 sudah merata di setiap dukuh. Para warga yang berusia lansia di data kemudian di buatkan pertemuan. Setiap dukuh mempunyai kader penggerak posyandu. Prakteknya posyandu di kelola olej pemerintah desa dengan bantuan dari para kader posyandu tersebut.
Kegiatan yang dilakuakn pada kegiatan posyandu lansia adalah cek kesehata. Peserta mendapatkan pelayanan berupa cek kesehatan dan obat bila mempunyai keluhan sakit. Selain cek kesehatan para peserta posyandu lansia juga melakukan beberapa aktifitas seperti halnya senam. Hal tersebut seperti yang di sampaikan munib arisandi selaku salah satu perangkat desa minggirsari. “Pada kegiatan posyandu lansia kita adakan cek kesehatan, selain itu kami juga mengadakan kegiatan senam, supaya para lansa juga ada aktifitas fisik ringan” ucap munib kepada kami (red).
Posyandu lansia menjadi hal yang dirasa penting. Aktifitas warga usia produktif yang mempunyai anggota usia lansia kadang tidak telalu memperhatikan. Pemerintah lewat program posyandu ini mencoba membantu para lansia agar tetap bisa beraktifitas dengan baik. Kegiatan ini rutin dilakuakan. Jadwalnya juga sudah tertata dengan baik.
Posyandu lansia ceria dukuh 1 dilaksanakan setiap kamis minggu ke IV, posyandu lansia sejahtera dukuh 2 dilaksanakan hari kamis minggu ke III, sementara itu untuk posyandu lansia mandiri dukuh 3 dilaksanakan pada hari kamis minggu ke II.
Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di posyandu lansia tentunya sudah sesuai dengan kebutuhan para usia lansia. Kegiatan tersebut diharapkan bisa sedikit banyak membawa manfaat bagi para warga desa Minggirsari yang berusia lansia. Lansia mempunyai hak untuk sehat dan bahagia. Munib arisandi menambahkan bahwa program yang akan di tambah sesuai dengan kebutuhan para lansia. “kami terus berusaha memberikan pelayanan yang baik bagi para lansia, selain cek up kesehatan serta senam, nantinya para lansia akan kami ajak untuk berkaraoke agar para lansia sehat juga bahagia” imbuh munib saat kami wawancarai. PEWARTA "MAKKI" Disadur dari Majalah Minggirsari edisi 1





Tidak ada komentar:

Posting Komentar