Berbisnis di dunia internet mulai tumbuh saat ini, namun bukan
berarti harus mengubah tampilan situs untuk menarik minat para
pengakses. Ada beberapa hal penting untuk menarik minat pengakses.
Bagi situs e-commerce, memerlukan beberapa elemen pendukung
untuk menguatkan bisnisnya di dunia maya. Berikut sejumlah tips untuk
membuat situs lebih menarik dan banyak dikunjungi, dikutip dari enterprenuer, Selasa (7/4/2015).
Penjelasan Situs
Seseorang pengakses situs paling kesal jika dirinya harus dipaksa
untuk menjadi detektif. Artinya, seseorang tidak akan rela membuang
waktunya hanya untuk menelusuri siapa pemilik situs yang dikunjunginya
tersebut. Bukan hanya produk maupun konten yang dimuat, keterangan
pemilik situs adalah informasi penting dan paling dicari para
pengunjungnya.
Sederhana, Alamat Web yang Masuk Akal
“Nama domain adalah seperti nama sebuah merek produk yang diciptakan.
Hal tersebut akan mudah bagi pengunjung untuk mengetik ke halaman url
dalam browser, atau alamat email,” jelas Ron Wright, pendiri bisnis
desain web dan pemilik perusahaan pemasaran online Accentix.
Hilangkan tanda strip dan angka, karena hal tersebut tidak akan mudah
ditemukan dalam Search Engine Optimization (SEO) dan menyebabkan
kebingungan kepada pelanggan.
Mudahkan Navigasi dengan Peta Situs
Link dalam halaman sebuah situs memang cukup penting, peta situs juga
sangat penting untuk membimbing pengunjung ke informasi yang mereka
cari.
“Pastikan navigasi situs jelas ditata, saya selalu merekomendasikan
menggunakan menu dropdown di menu navigasi sehingga pengunjung dapat
melihat konten di setiap judul dan hampir setiap halaman. Hal tersebut
akan memberikan kemudahan kepada penjunjung,” jelas Ron Wright.
Cantumkan Informasi Kontak yang Mudah Ditemukan
Kehilangan pelanggan dalam sebuah bisnis memang sangat menjengkelkan,
namun hal itu bisa dikarenakan kesalahan sendiri. Pasalnya, sering kali
pelanggan sulit untuk menemukan kontak informasi pemilik situs untuk
kembali menghubunginya di lain waktu.
Tempat terbaik untuk menempatkan informasi kontak adalah pada sudut
kanan atas halaman situs, atau pada sudut kiri dalam homepage. Selain
itu, pemilik juga bisa menempatkannya pada halaman footer atau side bar
agar lebih mudah terlihat pengunjung.
Testimonial Pelanggan
Kejujuran pelanggan akan menjadi poin tambahan untuk membantu membuat
produk ataupun jasa lebih diminati bagi pengunjung lainnya. “Mereka
membantu pelanggan potensial situs untuk membangun kepercayaan secara
langsung, terutama bagi situs baru,” jelas Zhuang pengamat situs.
Sumber: www.okezone.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar